Review Fate Apocrypha Episode 4 : Salam Hangat dari Faksi Merah - Revinime

Review Fate Apocrypha Episode 4 : Salam Hangat dari Faksi Merah

Share:
Pada seri Fate kebanyakan kita akan melihat 7 servant yang terdiri dari class Saber, Archer, Lancer, Caster, Rider, Assassin, dan Berserker. Namun beberapa seri Fate seperti Fate Grand Order kita menemukan class lain dari ketujuh itu yang disebut class tambahan, di Fate Grand Order class tambahan itu adalah Shielder sedangkan di Fate Apocrypha ada Ruler. Dalam anime Fate Apocrypha kita menemukan 15 servant yang terbagi menjadi 2 faksi serta seorang penengah. Servant dalam seri Fate adalah seorang pahlawan dari berbagai cerita di belahan dunia yang dipanggil untuk mengikuti Perang Cawan Suci dan mengabulkan permintaannya. Untuk memanggil seorang servant diperlihatkan sebuah katalis yang berkaitan atau pernah dipakai oleh tokoh yang akan dipanggil, ketika dipanggil seorang servant akan memperoleh pengetahuan dan bahasa tentang di mana dia dipanggil untuk memudahkan komunikasi dengan masternya.

Pada episode sebelumnya di Fate Apocrypha, kita melihat beberapa servant dari faksi merah menyerbu markas faksi hitam dengan Berserker yang mengamuk. Di episode 4 kali ini, kita mengetahui identitas dari class Rider dan Archer yang tak lain adalah tokoh dalam mitologi Yunani, Atalante dan Achilles. Karena mereka berdua merupakan tokoh dalam mitologi Yunani sepertinya mereka sudah saling mengenal satu sama lain bahkan Achilles memanggil Atalante dengan sebutan "Anee-san". Saya pernah menyinggung tentang peran serta master dari faksi merah dan sepertinya Rider pun merasakan keanehan serupa dengan Ruler. Menurut saya Berserker faksi merah ini agak berbeda dari Berserker di seri Fate yang lain karena Berserker dengan identitas Spartacus ini lebih sering berbicara.

Pertarungan antara faksi merah dan hitam pun tak bisa dihindari, namun mengingat segi jumlah pastinya pertarungan ini tak akan berlangsung lama. Satu lagi tokoh dalam mitologi Yunani bergabung dan dia adalah Archer dari faksi hitam, dalam ceritanya dia bernama Chiron dan merupakan guru dari Achilles, namun dalam peperangan ini sepertinya mereka berdua tidak saling bertatap muka hingga Achilles tidak tahu siapa yang sedang dia lawan tetapi di lain pihak Chiron mengetahuinya dan karena dia adalah gurunya sudah pasti dia tahu kelemahan muridnya itu.

Untuk episode kali ini tidak terlalu membingungkan bagi saya tetapi entah bagaimana di MAL anime ini kehilangan banyak skornya, mungkin karena beberapa episode yang lalu. Selain itu, bagi saya faksi hitam berkontribusi besar kepada tokoh yang berupa homunculus. Di awal juga pernah dijelaskan bahwa anime ini tidak berpusat kepada para servant, master ataupun saint tetapi anime ini lebih berpusat kepada orang-orang yang ingin mengabulkan keinginan masing-masing.

Setelah perang antara faksi merah dan hitam, kedua belah faksi kehilangan satu servant. Selain itu, menurut saya Astolfo melakukan suatu tindakan yang dianggap memberontak namun menurut dia itu adalah kehendaknya sendiri bukanlah sebuah pemberontakan. Di akhir episode akhirnya kedua tokoh utama dipertemukan dan entah apa yang terjadi tapi kedepannya akan menjadi suatu yang tidak bisa diprediksi.

2 komentar: