Review Fate Apocrypha Episode 1: Pertarungan yang Tidak Biasa - Revinime

Review Fate Apocrypha Episode 1: Pertarungan yang Tidak Biasa

Share:
Sebagai langkah awal membangun blog/situs ini, saya akan mulai mengulas dari episode awal serial anime yang berjudul Fate/Apocrypha. Anime ini sudah mulai tayang 1 bulan yang lalu sejak ulasan ini diterbitkan, itu artinya anime ini sudah memasuki episode 4. Daripada langsung mengulas episode 4 saya akan mengulas anime ini dari episode awal terlebih dahulu.

Sebelum anime ini mulai menayangkan episode pertamanya, jauh-jauh hari anime ini mendapatkan angin segar bagi penggemar Fate Series. Meski anime ini memakai kata Fate pada judulnya nyatanya anime ini tidak ada kaitannya dengan judul Fate yang lain.

Dari informasi yang saya dapat dari MyAnimeList, anime ini merupakan dunia alternatif dari Fate stay night, dengan kata lain anime ini mengambil kisah setelah Perang Cawan Suci ke-3 atau setelah seri Fate Zero. Meskipun begitu, ceritanya tidak benar-benar lanjutan dari Fate Zero melainkan lanjutan dari dunia alternatif Fate Zero dan Fate stay night tidak pernah terjadi. Mengkin kamu merasa bingung dengan urutannya tetapi kamu bisa langsung menonton serial Fate Apocrypha ini tanpa harus menonton seri Fate yang lainnya.

Episode pertama anime ini dibuka dengan sebuah narasi seorang tokoh utama yang terlihat tidak berdaya sambil memegang sesuatu berbentuk bulat seperti bulan dan kemudian ada seekor naga yang membuat saya bertanya-tanya, apakah tokoh utamanya bisa berubah menjadi naga?

Di awal, anime ini langsung memberikan klimaks cerita dimana semua tokoh sedang bertarung. Pertanyaan demi pertanyaan mulai muncul dan membuat saya semakin bingung, di mulai dari 2 class servant yang sama hingga master yang terbunuh. Setelah menampilkan potongan klimaks tadi, anime ini kembali ke masa sebelum terjadi pertarungan sengit tersebut dan suasana yang tadinya tegang dan membuat saya terkagum dengan grafisnya menjadi membosankan menurut saya. Ada nilai minus yang saya temukan di seri Fate kali ini, yaitu kualitas suara yang menurut saya jelek dan seperti terpendam, apalagi ketika adegan bertarungnya berbeda dengan seri Fate yang lain.

Setelah adegan klimaks, saya akan menjelaskan adegan yang terjadi setelahnya dan membuat saya bosan. Mungkin alasan menjadi membosankan karena saya sudah cukup tahu latar belakang cerita ini dari seri Fate yang lain tetapi bagi kamu yang langsung menonton seri Fate ini dan tidak menonton seri Fate yang lain, adegan ini akan sangat bermanfaat. Hampir seluruh durasi di episode ini dihabiskan dengan perbincangan yang menjelaskan latar belakang perang sebelumnya. Namun ada yang berbeda dari perang Cawan Suci kali ini, yaitu Perang ini melibatkan dua pihak (Faksi Merah dan Hitam) dan melibatkan 14 Servant dengan masing-masing 7 Servant untuk setiap faksi.

Ada bebeapa hal yang membuat saya membuat terkejut. Pertama, ada satu tokoh yang diambil dari seri Fate sebelumnya ini membuat saya terkejut karena sebelum episode ini tayang tidak ada pengumuman resmi bahwa orang ini akan muncul. Kedua, ada 14 Servant yang akan terlibat di anime ini dan ditambah class servant tambahan yaitu Ruler dengan nama asli Jeanne d'Arc. Tidak hanya itu, di akhir-akhir episode beberapa servant dipanggil dan mengejutkannya lagi adalah Servant class Saber faksi merah yang identitasnya merupakan keturunan dari Raja Arthur.

Selebihnya mengenai identitas seluruh Servant akan diulas di episode 2 nanti, kalau ditanya apakah anime ini bagus atau tidak saya akan menjawab sangat direkomendasikan untuk kalian tonton. Jika kamu penasaran dengan anime Fate Apocrypha ini, kamu bisa menyaksikan setiap hari Minggu melalui situs Fansub atau Fanshare kesayangan kalian.

Tidak ada komentar