Fate Dirgahayu : Para Servant dari Indonesia [Spesial] - Revinime

Fate Dirgahayu : Para Servant dari Indonesia [Spesial]

Share:
Sehubungan dengan tanggal diterbitkannya ulasan ini yaitu pada tanggal 17 Agustus yang merupakan hari lahirnya Indonesia. Penulis kali ini membuat suatu seri Fate buatan sendiri yang di dalamnya terdapat para Servant dari berbagai cerita yang ada di Indonesia.

Fate Series adalah sebuah cerita yang menceritakan tentang Perang Cawan Suci (Holy Grail War / Seihai Sensou) yang melibatkan tujuh orang yang memperebutkan Cawan Suci yang bisa mengabulkan satu permintaan apa pun. Ketujuh orang ini dapat memanggil seseorang dari berbagai cerita yang disebut Servant, Servant dalam cerita seri Fate memiliki tujuh kelas yang memiliki kelebihan menggunakan senjata sesuati nama kelasnya seperti Saber, Archer, Lancer, Rider, Caster, Assassin, dan Berserker.

Sejauh yang kita ketahui mengenai seri Fate adalah seri Fate yang telah diadaptasi ke dalam Anime dan Game. Dan sejauh ini juga saya sebagai penulis belum menemukan Servant yang berasal dari Indonesia. Oleh karena itu, saya membuat sebuah seri Fate sendiri yang berjudul Fate/Dirgahayu dimana para Servant-nya adalah orang-orang yang berasal dari legenda, sejarah, dan mitologi Indonesia. Berikut para Servant yang menurut saya cocok bila seri Fate ini diadaptasi ke dalam Fanfict, Light Novel atau bahkan Anime atau Kartun.

- Srikandi (Archer)
Pertama servant dengan identitas asli Srikandi ini sangat cocok masuk ke kelas Archer. Srikandi yang saya maksud adalah Srikandi versi Pewayangan Jawa bukan versi India. Srikandi di masa lalunya adalah seorang yang berani masuk ke dalam perang meski dia perempuan. Srikandi menurut saya bisa dipanggil dengan katalis sebuah panah yang dalam ceritanya bisa mengalahkan Bisma di perang Bharatayuddha. Dan dengan panahnya yang bernama Hrusangkali ini cocok untuk digunakan sebagi Noble Phantasm-nya. Dengan panah ini Archer bisa membuat lumpuh bahkan mati lawannya jika menancap ke tubuh lawannya. Keterampilan Srikandi dalam menggunakan busur dan panah didapat dari gurunya yang bernama Arjuna dan dia menikahi pria ini di masa lalunya.

- Prabu Siliwangi (Rider)
Selanjutnya dari kelas Rider ada Sri Baduga Maharaja atau yang lebih dikenal sebagai Prabu Siliwangi. Alasan saya memilihnya sebagai kelas Rider, karena beliau mempunyai semacam kisah dengan hewan yang ikonik di Tanah Sunda (Jawa Barat) yaitu Maung atau Harimau. Harimau di Jawa Barat sangat dikenal dan hewan ini dipakai sebagai lambang kepolisian hingga julukan tim sepak bola. Konon, saat Prabu Siliwangi beristirahat di Majalengka beliau bertemu dengan sosok Harimau Putih yang diketahui memiliki kesaktian tinggi dan Prabu Siliwangi melawan harimau tersebut hampir seharian, namun akhirnya Prabu Siliwangi dapat menjinakkan Harimau Putih ini dan mendapatkan suatu pusaka yang terbuat dari kulit Macan yang memiliki berbagai macam kesaktian. Prabu Siliwangi juga dikenal sebagai Raja Pajajaran dan memiliki pusaka yang sekarang dikenal sebagai Kujang dan Kujang ini cocok digunakan oleh beliau sebagai Noble Phantasm untuk memanggil Harimau Putih yang telah ditaklukkannya atau memanggil para tentaranya hampir mirip dengan Iskandar di Fate Zero.

- Si Pitung (Assassin)
Si Pitung adalah salah satu pendekar betawi yang berasal dari Jakarta. Selain itu Si Pitung menggambarkan sosok pendekar yang suka membela kebenaran dalam menghadapi ketidakadilan yang ditimbulkan oleh penguasa Hindia Belanda pada masanya. Ada yang mengatakan bahwa Pitung adalah seorang kriminal dan menjadi buronan pemerintah, Pitung juga dikisahkan sebagai perampok namun hasil rampokannya itu dibagikan kepada orang yang lebih membutuhkan. Menurut saya dia cocok sebagai kelas Assassin karena memiliki kemampuan mencuri. Setelah kematian Pitung, makamnya dikawal oleh tentara karena beberapa masyarakat percaya bahwa Pitung akan bangkit dan di Fate inilah dia akan dibangkitkan. Untuk Noble Phantasm yang dimiliki oleh kelas Assassin ini dia punya sebuah kesktian yang terdapat di rambutnya, selama rambutnya masih ada dia dapat menghilang layaknya Assassin hingga membunuh orang tanpa terlihat oleh siapa pun.

- Nyi Roro Kidul (Caster)
Ceritanya yang sangat populer di Pulau Jawa dan Pulau Bali ini menurut saya sangat cocok jika dijadikan Servant kelas Caster. Nyi Roro Kidul atau Nyai Loro Kidul adalah sosok legenda yang diceritakan sebagai roh atau dewi dengan wajah yang sangat cantik dari Indonesia. Julukan yang terkenal adalah Ratu Laut Selatan. Ada berbagai macam versi cerita dari sosok yang menyukai warna hijau ini bahkan sampai dijadikan film. Karakteristik tokoh yang cukup seram bagi beberapa orang sangat cocok dijadikan servant kelas Caster, Nyi Roro Kidul juga dikenal sebagai roh atau dewi oleh karena itu sudah dipastikan dia memiliki persediaan sihir yang cukup banyak. Karena sering dikaitkan dengan Laut Selatan, Noble Phantsm yang dimilikinya adalah baju yang berwarna hijau yang dapat mengendalikan segala macam air untuk dijadikan senjatanya.

- Gatotkaca (Berserker)
Hampir mirip dengan Srikandi, tokoh Gatotkaca yang saya maksud adalah tokoh yang sangat terkenal di Pewayangan Jawa. Tokoh ini memiliki julukan otot kawat tulang besi sehingga cocok dijadikan kelas Berserker seperti Herakles di Fate stay night. Gatotkaca yang memiliki nama Jabang Tetuka semasa kecilnya ini rupanya sudah menunjukkan kemampuannya sampai-sampai tali pusarnya sangat sulit untuk diputuskan walau menggunakan senjata apa pun. Tetuka diasuh di kahyangan oleh Narada yang saat itu sedang digempur oleh Patih Sekipu dari Kerajaan Trabelasuket. Patih tersebut diutus rajanya, Kalapracona untuk melamar bidadari bernama Batari Supraba. Tetuka dihadapkan sebagai lawan Sekipu. Semakin dihajar, Tetuka justru semakin kuat. Karena malu, Sekipu mengembalikan Tetuka kepada Narada untuk dibesarkan saat itu juga. Narada menceburkan tubuh Tetuka ke dalam kawah Candradimuka, di Gunung Jamurdipa. Para dewa kemudian melemparkan berbagai jenis senjata pusaka ke dalam kawah. Dan setelah itu menurut versi saya, Tetuka menjadi seseorang yang kuat dan karena inilah dia dipanggil ke Perang Cawan Suci sebagai servant kelas Berserker dan segala jenis pusaka para dewa telah melebur dan bersatu ke dalam dirinya. Berdasarkan kisah di atas, Noble Phantasm yang dimiliki Gatotkaca adalah tubuhnya sendiri, dia dapat menahan berbagai macam serangan dan mampu mengeluarkan kembali serangan tersebut kepada lawanya.

- Gajah Mada (Saber)
Kelas terkuat dari kelas lainnya dan merupakan kelas pengguna pedang menurut saya tidak ada kandidat yang cocok, mengingat penggunaan senjata pedang sangat sedikit di Indonesia. Tetapi, karena saya mengagumi tokoh ini saya akhirnya memasukan Patih Gajah Mada sebagai kelas Saber. Gajah Mada yang merupakan penguasa kerajaan Majapahit pada kisaran tahun 1334 sampai 1359 Masehi ini sangat terkenal di Indonesia bahkan sampai ke pelosok dunia. Gajah Mada terkenal dengan Sumpah Palapa yang diikrarkannya kalau dia tidak akan merasakan kenikmatan dunia sebelum nusantara berhasil ditaklukkan. Hampir semua penaklukannya di kerajaan kerajaan nusantara berhasil dengan gemilang, dengan ini ia berhasil memenuhi sumpah palapanya, bahkan setelah menaklukan kerajaan-kerajaan di nusantara, kemudian ia kembali menyerang kerajaan Temasek, Malaysia, Brunei, Timor Timur, dan Filipina bagian selatan. Alasan lain saya memilih Gajah Mada sebagai kelas Saber karena dalam beberapa lukisan terlihat Gajah Mada memakai keris dan ini bisa juga disebut pengganti pedang yang merupakan keahlian kelas Saber. Ada bebeapa sumber yang mengatakan bahwa keris yang dimiliki oleh Gajah Mada bernama Keris Ganesha dan keris ini bisa digunakan sebaai Noble Phantasm miliknya ketika dia dipanggil menjadi servant.

- K. H. Subchi (Lancer)
Dari tokoh-tokoh yang lainnya mungkin tokoh ini yang agak kurang terkenal, bahkan saya tidak menemukan ilustrasi gambar yang cocok dengan beliau. K.H. Subchi yang lahir di Parakan, Temanggung, 31 Desember 1858 dengan nama lahir Mohamad Benjing ini adalah tokoh pejuang kemerdekaan penggagas senjata bambu runcing. Ia merupakan penasehat Barisan Bambu Runcing bersama dengan Kyai-kyai pengurus lain pada umur 100 tahun. Bambu runcing yang mirip dengan tombak ini cocok dengan kelas Lancer. Meskipun hanya bersenjatakan bambu yang telah dipertajam buktinya berhasil mengusir para penjajah. Noble Phantasm yang juga merupakan bambu runcing ini tidak hanya bambu biasa, dalam versi Fate bambu ini bisa membuat lawannya menjadi lumpuh layaknya mendapatkan kutukan.


Itulah ketujuh servant yang menurut saya cocok untuk dipanggil untuk mengikuti Perang Cawan Suci. Mungkin jika saya punya waktu luang saya akan menyempatkan untuk membuat fanfiction tentang Fate Dirgahayu ini.

18 komentar:

  1. keren nih animenya gan, ada link downloadnya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih berupa konsep nih gan, belum dijadiin apa-apa.

      Hapus
  2. keren gan, kalo emang udah jadi makin keren

    BalasHapus
  3. mantab gan servannya, bdw buatnya pakek app apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seluruh gambar di post ini merupakan karya pengguna DeviantArt.

      Hapus
  4. woow keren ini kayra lokal, gak kalah sama jepang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih konsep gan, belum direalisasikan

      Hapus
  5. wahh mantapp .. coba ada filmnya di tv ,,

    BalasHapus
  6. Pada keren nih gmabaran animasi nya

    BalasHapus
  7. Mantap tuh anime nya
    Terima kasih gan

    BalasHapus
  8. Wah boleh juga nih blog. Kisah2 hero lokal gak kalah seru...

    BalasHapus
  9. gk bisa di bayangin ntar kalo mereka saling membunuh, gk tega rasanya, apalagi si srikandi, lebih baik di buat 7vs7, yg 7 servant lainnya di bikin orang luar. itu si pendapat ane, nanti MC nya kira kira dapet servant yg mana?

    BalasHapus
  10. moga aja segera di realisasikan, keliatannya keren nich anime

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Wahh Keren banget konsepnya 👍👍, Coba tambahin lagi gan class Servant-nya seperti:Shielder,Ruler,Avenger,Alter-Ego,Foreigner,Moon Cencer,Beast. Bagi yang pernah main game Fate/Grand Order pasti tau ke7 Extra Class Servant diatas.

    BalasHapus
  13. Srikandi bisa jadi kayak Astolfo atau d'Eon, karena menurut cerita, dia itu menjadi pria untuk bisa ikut perang. Versi Jawa kelihatannya mengganti unsur ceritanya jadi dia bisa saja cuma pura-pura menjadi pria atau mengikuti latihan-latihan perang bak seorang pria, tapi di versi Mahabharata, dengan pertapaan atau bantuan yaksha, dia (namanya Shikhandi) ganti jenis kelamin jadi pria, walaupun berperilaku rada feminin (Waria/Trans).

    Jadi mungkin jadi Servant wanita yang penampilan dan perilakunya rada kecowok-cowokan (kebalikan dari Astolfo atau d'Eon, yang pria (atau kelamin gak jelas untuk d'Eon) tapi berpenampilan dan berperilaku kayak cewek)

    Tapi mau ngikutin versi mana aja terserah. Mau juga sih ada Servant dari Indo. Semoga si Nasu melihat blog post ini dan berpikir "Wow, keren juga nih!"

    BalasHapus
  14. Bagusnya nyi Roro kidul itu assasins

    BalasHapus