Review Steins;Gate : Anime Tentang Mesin Waktu - Revinime

Review Steins;Gate : Anime Tentang Mesin Waktu

Share:
Pada tahun 2000, ada seseorang yang mengklaim dirinya adalah time traveler dari masa depan dan namanya adalah John Titor. Entah benar atau tidak namun peristiwa pada tahun 2000 ini sempat menghebohkan dunia maya pada saat itu bahkan sampai dijadikan anime yang berjudul Steins;Gate.

Steins;Gate adalah serial anime yang mulai tayang pada 6 April 2011 dan berakhir dengan jumlah episode 24 pada 14 September 2011. Anime ini adalah salah satu anime favorite saya dan anime ini mendapat pengakuan hebat dari penggemar anime bahkan sampai pernah menduduki peringkat dua anime terbaik versi MyAnimeList dan hingga ulasan ini diterbitkan anime ini masih masuk dalam Top 5.

Anime yang menceritakan tentang mesin waktu ini tentu sangat terkenal di dunia mungkin karena anime ini diangkat dari sebuah kisah viral di internet. Steins;Gate yang diproduksi oleh White Fox Studio ini memiliki genre Thriller dan Sci-Fi saja. Dari segi cerita, tentu sangat menarik sampai-sampai saya sempai menonton anime ini berkali-kali tanpa bosan karena alur yang cukup membingungkan.

Karena anime ini menceritakan tentang mesin waktu tentu alur dalam cerita ini menjadi alur campuran di mana kita diajak menjelajahi waktu ke waktu secara acak. Selain itu, kita diberikan berbagai teori yang bagi saya lumayan masuk akal mengenai teori menjelajahi waktu. Dalam anime ini juga kita akan melihat sosok orang bernama John Titor yang akan mengejutkan kalian.

Berdasarkan MyAnimeList, anime ini memiliki rating PG-13 yang artinya diperuntukkan kepada remaja berumur 13 tahun ke atas atau hingga dewasa. Karena dalam anime ini akan terjadi sebuah konflik seperti pembunuhan atau adegan berdarah yang tentunya tidak dianjurkan kepada anak-anak di bawah umur. Selain itu, anime ini kebanyakan berisi teori-teori sains yang pasti sulit dimengerti oleh anak-anak.

Satu hal yang menjadi nilai minus dari anime ini adalah dari segi grafis yang kebanyakan bernuansa gelap bahkan sepanjang cerita anime ini lebih menekankan kepada kombinasi warna abu yang tentu berbeda dengan anime lain yang bisanya bernuansa cerah dan terang.

Dari penokohan atau segi karakter, kalian akan langsung hafal nama-nama dalam anime ini karena hanya ada kurang lebih 10 karakter dan juga setiap karakter mempunyai sifat yang tentu berbeda-beda dengan ciri khas masing-masing yang sangat menonjol. Tokoh utama dalam anime ini adalah Okabe Rintarou atau Okarin, kadang juga dia menyebutkan dirinya Houin Kyouma seorang ilmuan gila.

Dalam cerita ini Okabe tidak sengaja menciptakan sebuah mesin waktu yang dapat membuat dirinya melintasi waktu. Secara garis besar, cerita anime ini berpusat kepada Okabe yang ingin menyelamatkan teman-temannya dari sebuah malapetaka yang akan terjadi dan yang terburuknya adalah Perang Dunia Ketiga.

Jika kalian penggemar teka-teki atau hanya ingin tahu teori-teori sains mengenai mesin waktu tentu anime ini sangat direkomendasikan, bagi kalian yang tidak tahu tentang John Titor sang penjelajah waktu tenang saja karena dalam anime ini akan diceritakan sedikit demi sedikit mengenai orang tersebut.

Bagi kalian yang sudah menonton anime ini dan mungkin kurang puas dengan ending-nya, anime ini mempunyai sekuel yang berjudul Steins;Gate 0 yang sedang diproduksi mulai tahun 2017. Namun sekuel tersebut tidak langsung melanjutkan dari episode terakhir anime ini melainkan lanjutan dari episode 23 beta, di mana Okabe tidak berhasil menyelamatkan salah satu temannya.

21 komentar:

  1. Kayaknya menarik ni kalo bisa sampai menduduki peringkat 2 , kalo boleh tahu peringkat 1 anime apaan ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu Fullmetal Alchemist Brotherhood, sekarang top 1-nya Kimi no na wa

      Hapus
  2. dari dlu pengen liat nie anime tpi gak sempet mulu ,, nice reviewnya jadi makin penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ditonton gan, nanti keburu muncul sekuelnya.

      Hapus
    2. Sekuelnya yang Stein gate zero itu ya?

      Hapus
    3. Yup, lanjutan dari episode 23 beta, bukan 24.

      Hapus
    4. Sedang diproduksi, mungkin tayang pertengahan atau akhir 2018/2019

      Hapus
  3. whoaaa aku suka genre animenya

    BalasHapus
  4. Ceritanya keren gan, apalagi lengkap dibuat Anime

    BalasHapus
  5. Setelah baca reviewnya jadi penasaran dngn anime ini :D

    BalasHapus
  6. Bisa download dan baca dimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini cuma menyediakan review (ulasan) dan penjelasan tentang anime saja.

      Hapus
  7. Mayuri : tutturuuuuuu
    Etah berapa banyak tutturuuuuuu di anime ini yang jelas ini ikonik banget. Klo ane denger/lihat gambar/nama Stein gate pasti ke inget Mayuri slalu bilang tutturuuuuuu.
    Bagi yang suka anime dengan cerita twist, ini anime recommend banget.

    BalasHapus
  8. Anime memang lagi menjamur di negeri kita hhe

    BalasHapus
  9. mantep nih animenya lanjutkeun gan

    BalasHapus