Review Fate Apocrypha Episode 6 : Arthur dan Mordred - Revinime

Review Fate Apocrypha Episode 6 : Arthur dan Mordred

Share:
Arhur Pendragon
Sebenarnya saya tidak ingin mengulas mengenai Mordred karena asal usulnya yang kurang jelas. Tetapi, di awal episode keenam ini saya dikejutkan dengan masa lalu Saber Merah dalam Perang Cawan Suci Besar ini. Di awal episode, kita disajikan dengan masa lalu dari Mordred yang menjadi kesatria penghianat dan di masa lalunya ternyata kita bertemu kembali dengan Arthur Pendragon yang merupakan Saber di seri Fate Zero dan Fate stay night.

Sebelumnya saya berpendapat bahwa Arthur di seri Fate Apocrypha ini adalah seorang lelaki, tetapi setelah melihat episode enam ini saya kembali memikirkan jenis kelamin dari King Arthur ini. Dalam seri Fate Zero jelas kalau Arthur berjenis kelamin wanita namun dalam masa lalu Mordred juga sosok Arthur tidak jauh berbeda dengan yang ada di sana dan suaranya pun diisi oleh orang yang sama. Dan setelah memperhatikan masa lalu Mordred saya sedikit paham dengan hubungan Arthur dan Mordred.

Penyihir yang dipanggil "Ibu" oleh Mordred
Dari episode ini yang saya pahami tentang hubungan Arthur dan Mordred adalah mereka tidak seperti anak kandung dan orangtua. Tetapi, Mordred ingin diakui sebagai anak oleh Arthur dan menjadi pewaris tahta. Pemikiran ini dipengaruhi oleh seorang penyihir yang dipanggil Ibu oleh Mordred, entah apakah dia adalah Morgan le Fey atau Merlin. Karena mengagumi Arthur, Mordred bergabung sebagai kesatria yang mengabdi untuk King Arthur. Jika memang Arthur di Fate Apocrypha ini sama dengan Fate Zero atau Fate stay night maka Arthur Pendragon adalah seorang wanita meskipun Mordred menanggap dan memanggil Arthur dengan sebutan Ayah. Bisa disimpulkan bahwa Arthur adalah wanita dan Mordred bukan anak kandung dari Arthur namun Mordred ingin diakui sebagai anak karena mempunyai kemiripan yang sama sampai disebut tiruan Arthur. Tetapi masih ada kemungkinan, kalau Arthur dulunya adalah lelaki dan kemudian menjadi perempuan seperti saat ini.

Setelah kita melihat masa lalu dari Mordred yang disampaikan kepada seorang master melalui mimpi. Dalam episode kali ini rupanya akan berfokus kepada kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Assassin Hitam yang memiliki identitas sebagai Jack the Ripper. Selain itu, karena sebelumnya faksi Hitam kehilangan Saber yang merupakan class terhebat, rupanya Master dari Rider sangat menyalahkan Rider atau Astolfo sementara itu Master dari Saber sangat depresi karena kehilangan seorang servant di awal pertempuran.

Assassin Hitam (Jack the Ripper)
Selain hubungan antara Mordred dan Arthur, saya agak bingung juga dengan hubungan Jack the Ripper dengan seorang wanita yang dipanggilnya Ibu, sebelumnya di episode yang lalu kita mengetahui kalau Sagara Hyouma, Master Assassin yang sebenarnya telah dibunuh oleh servant-nya sendiri dan berarti Assassin tidak memiliki master atau mungkin kepemilikan master Assassin telah berpindah tangan kepada wanita yang disebut Ibu oleh Assassin Hitam ini. Belum diketahui juga apakah master Assassin saat ini apakah dia seorang penyihir atau hanya manusia biasa tetapi kita tahu bahwa dia lebih suka menghindari pertarungan dan bersembunyi.

Selanjutnya, pertempuran antara Saber Merah dan Assassin Hitam akhirnya dimulai. Selama pertarungan, kita mengetahui bahwa Saber Merah atau Mordred adalah seorang perempuan dan itu sudah dipastikan dengan keahlian membedakan kelamin yang dimiliki oleh Assassin Hitam. Ini juga menguatkan pendapat saya bahwa Mordred dan Arthur adalah perempuan.
Saber Merah melawan Assassin Hitam
Pertempuran itu pun rupanya diganggu dengan campur tangan Archer Hitam atau Chiron. Dan karena mendapatkan luka yang cukup parah karena tubuh mungilnya, Assassin harus mundur lebih awal. Saber yang masih dalam keadaan mengamuk karena ucapan Assassin kemudian langsung mendekati Archer dan langsung menyerangnya dengan serangan jarak dekat. Saya juga sempat berpikir karena Master dari Saber dan Archer akan bertarung dan saya ingat kalau Master Archer itu lumpuh dan bagaimana caranya dia bertarung?

Master Archer Hitam menggunakan alat untuk bertarung
Dan saya dikejutkan lagi dengan perlengkapan yang dipakai oleh Master Archer Hitam yang menggunakan semacam tangan mekanik yang hampir sama yang digunakannya oleh Dr. Octopus di film Spiderman. Sepertinya kedua master ini sudah saling mengenal dan tahu kelemahan masing-masing, episode kali ini berakhir dengan sangat gantung dan mau tidak mau saya harus menunggu episode berikutnya yang akan tayang minggu depan.

2 komentar: