Review Mahouka Koukou no Rettousei : Perpaduan Sihir dan Teknologi - Revinime

Review Mahouka Koukou no Rettousei : Perpaduan Sihir dan Teknologi

Share:
Mahouka Koukou no Rettousei atau yang lebih dikenal di luar Jepang sebagai The Irregular at Magic High School adalah anime yang disutradarai oleh Manabu Ono. Berdasarkan MyAnimeList, anime buatan Madhouse ini diadaptasi dari novel ringan karya Tsutomu Satou. Awalnya sebelum menjadi anime, Mahouka Koukou no Rettousei adalah sebuah web novel dan setelah sukses karena banyak peminatnya kemudian Dengki Bunko mengangkat dan merilis seri ini dalam format novel ringan (light novel). Pada tahun 2013 berbagai penerbit manga di Jepang mulai mengadaptasi seri ini dan di tahun yang sama dibuatlah sebuah anime.

Cerita anime ini berlatar di masa depan setelah Perang Dunia Ketiga, dalam cerita ini negara adidaya di dunia bergeser ke empat negara: Amerika Serikat, New Uni Soviet, Great Asia Alliance, dan Jepang. Di Jepang, masyarakat sihir informal diatur oleh sepuluh klan utama sebagai pengganti pemerintah. Karena terbatasnya jumlah penyihir, mereka diperlakukan sebagai komoditas dan dipaksa untuk masuk sekolah sihir. Di jepang sendiri ada sembilan Sekolah Menengah Atas Sihir.

Sekilas memang cerita anime ini sangat mengagumkan bahkan saya penasaran akan seperti apa anime ini. Tokoh utama dalam anime ini adalah Shiba Tatsuya yang merupakan kakak dari Shiba Miyuki dan sekaligus menjadi pengawal pribadi Miyuki. Namun ketika masuk ke sekolah itu mereka dipisahkan karena sistem sekolah yang membedakan rombongan belajar (rombel) dengan status kemampuan sihir. Rombel 1 yang disebut Bloom di mana isinya adalah siswa-siswi berbakat dan Rombel 2 yang disebut Weed di mana isinya adalah siswa-siswi kurang berbakat bahkan menjadi bahan bully. Karena Tatsuya kurang mahir dalam urusan sihir hasilnya dia harus masuk ke rombel 1 sedangkan adiknya masuk ke rombel 2.

Konsep anime ini saya sangat menyukainya di mana sihir dipadukan dengan teknologi, dua unsur yang sama-sama saya sukai. Namun, menurut saya anime ini kurang begitu mempedulikan asal usul tersebut alhasil saya kurang memahami kenapa sebuah sihir bisa diaktifkan dengan sebuah smartphone. Seiring cerita, jika kalian melamun sedikit saja ketika menonton anime ini maka kamu akan kurang memahami alur ceritanya meskipun memang cerita ini agak membosankan karena terlalu banyak menggunakan dialog.

Anime ini memiliki genre Sci-Fi, Supernatural, Magic, dan School. Daripada memusatkan kepada peraduan sihir dan teknologi menurut saya anime ini malah memusatkan kepada kakak-beradik yang saling suka. Anime ini berjumlah 26 episode yang tayang tahun 2014 dan memiliki sekuel berupa movie yang baru saya tayang di Jepang sejak 17 Juni 2017 dan diproduksi oleh studio 8bit.

Dari segi penokohan, saya agak kerepotan mengingat nama-nama mereka karena ada beberapa tokoh yang memiliki nama hampir sama yaitu Shiba, Shibata, dan Chiba. Selain itu, menurut saya anime ini kurang memberikan sebuah ekspresi muka kepada setiap tokoh sehingga cukup sulit apa yang mereka rasakan. Dari penampilannya juga saya hampir bingung karena keseharian mereka kebanyakan menggunakan seragam sekolah yang sama.

Saya juga tidak mengerti tentang maksud dari seragam yang digunakan siswi perempuan karena menggunakan semacam gaun transparan dengan warna yang berbeda-beda. Namun, siswa laki-laki menggunakan seragam yang sama dan tidak ada pembedanya. Mungkin ini merupakan trend di masa depan atau sebuah diskriminasi menurut saya. Saya juga menemukan kejanggalan dengan para murid di anime ini, mereka tidak terlihat belajar sama sekali di anime ini dan semua yang disoroti adalah kegiatan eksternal, bahkan saya tidak merasakan peran penting dari guru yang mengajar di sekolah tersebut.

Namun saya kagum dengan grafis anime ini, meski terbilang anime lawas tetapi setiap adegan sangat detail bahkan para tokoh pigura pun digerakkan dengan baik berbeda dengan anime sekarang yang hanga menampilkan tokoh diam. Hal lain yang membuat saya kagum dan tetap menonton anime ini karena tokoh utama yang dipandang rendah namun ternyata memiliki kekuatan yang spesial.

27 komentar:

  1. Berarti ini anime sci fi gitu y gan

    BalasHapus
  2. Perpaduan antara sihir + teknologi ? Cetar membahana....

    BalasHapus
  3. Kayaknya kalo lebih banyak artikel lebih keren ni gans. keren gan

    BalasHapus
  4. keren terbawa suasana bacanya hehe (y)

    BalasHapus
  5. Thanks Review nya bro. Seru nih kayaknya.

    BalasHapus
  6. thanks gan reviewnya, mantapss

    BalasHapus
  7. chara utamanya terlalu over power hehehhe

    BalasHapus
  8. kayaknya seru nih, coba donlod ah

    BalasHapus
  9. anime masa depan, seru kayanya

    BalasHapus
  10. wah keren nih kayanya, jadi pengen baca full ceritanya di novel.

    BalasHapus
  11. bagus nih. salah satu anime dengan tema yang gak biasa

    BalasHapus
  12. Tema anime nya bagus banget gan

    BalasHapus
  13. wahhh kaya ne seru nih anime, kesukaan ane banget kalo udh berhubungan sama tekhnologi.

    BalasHapus
  14. Balasan
    1. Ya, ada bumbu2nya sedikit tapi gak sampai ke H kok.

      Hapus
  15. Perpaduan sihir dan teknologi? Sama seperti FF15 dong ya? hahaha :D Tapi seriusan gue suka deh anime yang kaya gini

    BalasHapus
  16. anime dengan perpaduan 2 latar, klasik dan modern yang diwakili sihir dengan teknologi, ini bisa menjadi pilihan asyik bagi penyuka anime

    BalasHapus
  17. waduh ane belum download nih anime TELAT...........

    BalasHapus
  18. wah seru nih anime, mau nonton ah nanti, nice info bang

    BalasHapus
  19. saya suka nonton ini di tv channel animax

    BalasHapus
  20. nunggu season 2 nya, kira kira kapan yah? ada info ga min??

    BalasHapus
  21. seru nih animenya, ane dah tonton

    BalasHapus
  22. ane suka yang agak agak harem gitu wkwkwk

    BalasHapus