Review Fate Apocrypha Episode 13 : Keruntuhan Faksi Hitam - Revinime

Review Fate Apocrypha Episode 13 : Keruntuhan Faksi Hitam

Share:
Minggu sebelumnya Fate Apocrypha sempat libur untuk mempersiapkan cour kedua yang menyisakan 13 episode lagi. Episode 13 ini merupakan episode pertama yang tayang pada musim gugur ini. Sebelumnya kita juga mendapat berbagai informasi yang sangat mengejutkan salah satunya yaitu mengenai faksi merah yang ternyata hanya memiliki 2 master yang salah satunya adalah servant juga dengan kelas Ruler yang selamat dari Perang Suci Ketiga yang berlangsung 60 tahun yang lalu. Dengan demikian, kita juga tahu bahwa Fate Apocrypha ini menggantikan Fate Zero.

Episode kali ini dibuka dengan opening song baru yang berjudul D├ęsir dan dinyanyikan oleh GARNiDELiA, sedangkan untuk ending song juga diganti dengan lagu berjudul KOE yang dinyanyikan oleh ASCA. Dari MAL (MyAnimeList) sebelumnya saya mendapatkan pemberitahuan bahwa Fate Apocrypha mendapatkan episode recap dengan judul Fate/Apocrypha: Seihai Daisen Kaimaku-hen yang isinya adalah adegan singkat atau recap dari episode 1 hingga 12 dan episode recap ini dinaratori oleh pengisi suara dari Sieg dan Ruler atau Jeanne d'Arc. Bagi yang sebelumnya tidak sempat mengikuti anime ini dari awal, kalian bisa menonton episode recap ini untuk mempersingkat waktu.

Dari opening song baru ini, kita tahu bahwa kemungkinan Ruler atau Jeanne d'Arc akan sering terlibat dalam pertarungannya, selain itu 3 servant yang sebelumnya telah gugur lebih dulu di opening ini saya tidak melihatnya sehingga dipastikan ketiga servant tersebut tidak akan muncul kembali kecuali untuk Siegfried yang kini merasuki homunculus bernama Sieg. Dengan gugurnya ketiga servant (Siegfried, Frankenstein, dan Vlad III) yang kebetulan semuanya dari faksi hitam itu berarti faksi hitam perlahan-lahan akan gugur dan perang ini akan dimenangkan oleh faksi merah.

Awalnya saya mengira Seig yang merupakan homunculus di episode sebelumnya mendapatkan mantra perintah ini akan menjadi master dari Jeanne d'Arc tetapi ternyata dugaan saya salah. Ternyata, Seig menjadi master dari Rider Hitam atau Astolfo karena master sebelumnya telah tewas dipenggal oleh Mordred dengan mudah sekali. Dan demikian, Seig menjadi master terakhir seperti sub judul dari episode 13 ini.

Satu hal lagi yang membuat saya agak terkejut adalah penghianat dari Caster Hitam yang kini sudah menjadi bagian dari faksi merah. Di episode ini, kita belum tahu mengapa Caster Hitam yang identitasnya adalah Solomon ibn Gabirol atau Avicebron selain demi menyelamatkan masternya.
Dengan begitu, faksi hitam saat ini hanya memiliki satu servant yaitu Chiron dengan kelasnya sebagai Archer. Di episode ini saya tidak menemukan Assassin Hitam (Jack the Ripper), Caster Merah (William Shakespeare), dan Berserker Merah (Spartacus). Namun sudah dipastikan kedepannya akan menjadi pertaruhan melawan Amakusa Shirou Tokisada sebagai tokoh antagonisnya.

6 komentar:

  1. wkwkk rider trap paling bagus di musim ini, di astolfo durjana. Tapi bagus emang gan, ane nonton baru episode 1 doang, ane juga mau tamatin yang seri sebelumnya.

    BalasHapus
  2. ditunggu episode selanjutnya gan

    BalasHapus
  3. Penasaran Min Episode Selanjutnya :D hhe

    BalasHapus
  4. sepertinya seru nih anime ini, nanti saya sedot gan

    BalasHapus
  5. Baca artikel ini malah terasa udah nonton.. hehe.. makasih ya bos.. ditunggu episode selanjutnya..

    BalasHapus