Review Fate kaleid liner Prisma Illya : Fate Versi Loli Mahou Shoujo - Revinime

Review Fate kaleid liner Prisma Illya : Fate Versi Loli Mahou Shoujo

Share:
Fate/kaleid liner Prisma☆Illya adalah salah satu dari Seri Fate yang merupakan dunia alternatif dari Fate/stay night. Sehingga Fate kaleid ini mengambil waktu yang sama dengan Fate/stay night dan Fate/stay night bener-bener tidak terjadi. Fate kaleid ini diproduksi oleh studion yang berbeda yaitu Silver Link. Dan anime ini sudah mendapatkan 4 musim dengan masing-masing 10 episode bahkan hingga diangkat menjadi movie untuk lanjutan ceritanya.

Cerita Fate kaleid ini berpusat pada tokoh bernama Illyasviel von Einzbern. Namun khusus di seri kaleid, keluarga Einzbern bukanlah lagi kelurga penyihir seutuhnya. Selain itu, di seri anime ini Emiya Shirou dan Illya (Panggilan untuk Illyasviel) menjadi satu keluarga utuh dan Emiya Kiritsugu dan Irisviel yang merupakan orang tua mereka dan masih hidup di seri fate ini. Itu berarti kejadian di Fate/Zero yang merupakan cerita sebelum dunia alternatif ini juga tidak terjadi sama sekali.


Fate kaleid ini sangat berbeda dengan seri Fate yang lainnya dimana setiap orang yang terpilih menjadi seorang master dan memanggil satu servant untuk memperbutkan Cawan Suci. Pada serial Fate kaleid, tema yang diambil adalah gadis penyihir atau Mahou Shoujo dan tujuan dari seri ini adalah untuk menemukan seluruh Class Card yang menjelma menjadi Roh Pahlawan yang sangat mirip dengan para servant di Fate/stay night.

Mungkin tidak banyak yang suka dengan tema Mahou Shoujo ini, bahkan saya dulu sempat berhenti di episode 1 saat pertama kali menonton yang ternyata tema yang diambil sangat berbeda jauh dengan seri Fate lainnya. Namun ada beberapa hal yang membuat saya tertarik menonton seri ini hingga season terbarunya, salah satunya adalah kemunculan Saber Alter.


Fate/kaleid liner Prisma☆Illya ini adalah musim pertama dari seri kaleid dan seri ini sampai diangkat menjadi sebuah movie yang akan tayang dalam waktu dekat saat ulasan ini diterbitkan. Namun karena beberapa alasan movie ini sempat ditunda penayangannya di bioskop Indonesia. Di musim pertama ini, kita tidak akan melihat lama para servant yang merupakan tokoh penting di seri fate lainnya.

Penokohan dalam anime ini lebih mendominasi karakter perempuan khusunya anak kecil perempuan (loli) bahkan karakter laki-lakinya bisa kita hitung dengan jari. Selain itu ada karakter tambahan yaitu Miyu yang merupakan rekan dari Illya yang sama-sama Mahou Shoujo. Selain itu, ada beberapa tokoh tambahan pula yang tidak ada di seri fate lainnya. Dan khusus di anime ini Fujimura Taiga adalah guru Sekolah Dasar yang mengajar Illya, Miyu, dan kawan-kawan.

Nilai plus dari anime ini bagi saya adalah saya bisa melihat Illya lebih lama karena di Fate/stay night UBW, Illya harus berakhir mengenaskan dan hanya mendapatkan jatah tampil yang sangat sedikit. Selain itu, ada satu hal yang membuat saya bisa bertahan menonton anime ini hingga akhir mungkin karena komedinya yang sangat spontan dan tidak terduga sama sekali. Bahkan saya hampir menyamakan anime ini dengan Carnival Phantasm yang sama-sama kocak.

Bagi kalian yang sudah menonton seri Fate lainnya dan hanya menunggu adegan aksinya saja mungkin kalian harus bertahan setidaknya sampai pertengahan tepatnya mulai episode 5 anime ini menyuguhkan adegan action yang tak kalah seru dengan seri fate lainnya.

1 komentar: